SIMANJUNTAK, MARINTAN ELFRIDA, 1805030175 (2022) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT BENDA DI KELAS V SD NEGERI 101796 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
1 COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (620kB) |
|
Text
3 BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (433kB) |
|
Text
4 BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (500kB) |
|
Text
5 BAB III, IV DAN V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (818kB) |
|
Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (289kB) |
|
Text
7 LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) di kelas V SDN 101796 Tahun Ajaran 2021/2022. Masalah yang dialami di sekolah tersebut yaitu Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat Benda. Populasi siswa kelas V sebanyak 2 kelas berjumlah 20 orang kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan instrument penelitian adalah tes uraian sebanyak 5 soal. Berdasarakan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 73,75 di kelas eksperimen dan rata-rata 60,59 pada kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas eksperimen dan kontrol di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarakan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan Model Numbered Head Together dikelas eksperimen dan Konvensional untuk kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0.05 diperoleh 7.62 > . Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Numbered Head Together terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi sifat benda di kelas V SD Negeri 101796 Patumbak Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Science Learning Outcomes, Numbered Head Together Model | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | MARINTAN E SIMANJUNTAK | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2022 09:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2022 09:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1621 |
Actions (login required)
View Item |