PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT BENDA DI KELAS V SD NEGERI 101796 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2021/2022

SIMANJUNTAK, MARINTAN ELFRIDA, 1805030175 (2022) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT BENDA DI KELAS V SD NEGERI 101796 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (620kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (433kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (500kB)
[img] Text
5 BAB III, IV DAN V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (818kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) di kelas V SDN 101796 Tahun Ajaran 2021/2022. Masalah yang dialami di sekolah tersebut yaitu Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat Benda. Populasi siswa kelas V sebanyak 2 kelas berjumlah 20 orang kelas eksperimen dan 20 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan instrument penelitian adalah tes uraian sebanyak 5 soal. Berdasarakan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 73,75 di kelas eksperimen dan rata-rata 60,59 pada kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas eksperimen dan kontrol di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarakan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan Model Numbered Head Together dikelas eksperimen dan Konvensional untuk kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0.05 diperoleh 7.62 > . Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Numbered Head Together terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi sifat benda di kelas V SD Negeri 101796 Patumbak Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Learning Outcomes, Numbered Head Together Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson Jony Purba, S.Si,. M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIDr. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MARINTAN E SIMANJUNTAK
Date Deposited: 24 Aug 2022 09:33
Last Modified: 24 Aug 2022 09:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item