PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 101796 PATUMBAK T.A 2021/2022

GINTING, MERY PIERCE BR, 1705030091 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 101796 PATUMBAK T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (837kB)
[img] Text
2 ABSTRAK (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (487kB)
[img] Text
3 BAB I-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
4 BAB II-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (280kB)
[img] Text
5 BAB III, IV dan BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (535kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
7 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SD Negeri 101796 Patumbak Tahun Pelajaran 2021/2022. Ada pun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi ekosistem. Populasi siswa kelas V sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 20 orang dan kelas kontrol 20 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 59,5 dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 79,5. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat distribusikan dalam tabel frekuensi relative kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh 12,6 >(0.95)(2) = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SD Negeri 101796 Patumbak Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students Learning Results, jigsaw cooperative Model, Saints Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal B Togatorop, M.Pddosen@gmail.comNIDN.0124028702
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MERY PIERCE BR GINTING
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:57
Last Modified: 03 Sep 2022 03:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item