ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104227 SAWIT REJO KECAMATAN KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2021/2022

GINTING, YUNI PIRDANI, 1805030180 (2022) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104227 SAWIT REJO KECAMATAN KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB)
[img] Text
BAB III, IV, V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar siswa dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa tidak mandiri dalam belajar dan untuk mengetahui faktor penyebab penghambat kemandirian belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya siswa yang belum mandiri dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 104227 Sawit Rejo Kecamatan Kutalimbaru Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104227 Sawit Rejo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi siswa dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan analisis kualitatif berupa data hasil observasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata kemandirian belajar siswa adalah, yang pertama aspek inisiatif dijumlahkan dengan rata-rata 57,15% yang termasuk kategori cukup inisiatif, begitu juga dari aspek tanggung jawab dengan nilai rata-rata 52,40% yaitu kategori bertanggung jawab, dan aspek percaya diri dijumlahkan dengan rata-rata 48,58% dengan kategori percaya diri, serta aspek dari disiplin dijumlahkan dengan rata-rata 60,00% yaitu cukup disiplin, dan yang terakhir yaitu aspek dari motivasi dengan rata-rata 46,66% dengan kategori kurang bermotivasi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri 104227 Sawit Rejo tergolong kategori cukup. Faktor yang menyebabkan siswa tidak mandiri dalam belajar yaitu dari diri siswa itu sendiri dan sebagian dari orang tua atau keluarga.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Independence Leraning, Grade V
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiDosen@gmail.comNIP. 19670225 199801 2 001
Pembimbing IIRobert Sinaga, S.TP, M.SiDosen@gmail.comNIDN. 0102088901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YUNI PIRDA BR GINTING
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:59
Last Modified: 02 Sep 2022 07:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item