ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 104227 SAWIT REJO TAHUN AJARAN 201/2022

PURBA, DEFI ERMAULINA, 1805030127 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 104227 SAWIT REJO TAHUN AJARAN 201/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB)
[img] Text
3 BAB I (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
4 BAB II (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB)
[img] Text
5 BAB III, IV. V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (661kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (128kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan siswa, kesulitan yang dialami siswa dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam belajar sistem pencernaan pada manusia pada mata pelajaran IPA.Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 104227 Saawit Rejo Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104227 Sawit Rejo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam gambaran kemampuan siswa dalam mengerjakan soal adalah 49,8 dari 13 orang siswa terdapat 5 orang siswa (38,46) dengan kriteria rendah mengalami kesulitan belajar pada mengerjakan soal fungsi sistem pencernaan pada manusia,3 orang siswa (23,07) dengan kriteria rendah mengalami kesulitan belajar pada mengerjakan soal sistem pencernaan pada manusia terdiri dari dan 3 orang siswa (23,07) dengan kriteria rendah mengalami kesulitan belajar pada soal contoh ganguan sistem pencernaan pada manusia, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam materi sistem pencernaan pada manusia mata pelajaran IPA materinya sudah lama tidak dipelajari sehingga siswa lupa dan pada saat guru menjelaskan materi tersebut siswa tidak mendengarkan guru saat menjelaskan materi kurang dimengerti dan tidak mengingat materi sehingga siswa sulit dalam mengingat kembali materi sistem pencernaan pada manusia.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Difficulty and Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br.PA, M.PdDosen@gamil.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdDosen@gamil.comNIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEFI ERMAULINA PURBA
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:55
Last Modified: 02 Sep 2022 07:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item