PURBA, DEFI ERMAULINA, 1805030127 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 104227 SAWIT REJO TAHUN AJARAN 201/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
1 COVER (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (214kB) |
|
Text
3 BAB I (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (215kB) |
|
Text
4 BAB II (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (463kB) |
|
Text
5 BAB III, IV. V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (661kB) |
|
Text
6 DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (128kB) |
|
Text
7 LAMPIRAN (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan siswa, kesulitan yang dialami siswa dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam belajar sistem pencernaan pada manusia pada mata pelajaran IPA.Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 104227 Saawit Rejo Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104227 Sawit Rejo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam gambaran kemampuan siswa dalam mengerjakan soal adalah 49,8 dari 13 orang siswa terdapat 5 orang siswa (38,46) dengan kriteria rendah mengalami kesulitan belajar pada mengerjakan soal fungsi sistem pencernaan pada manusia,3 orang siswa (23,07) dengan kriteria rendah mengalami kesulitan belajar pada mengerjakan soal sistem pencernaan pada manusia terdiri dari dan 3 orang siswa (23,07) dengan kriteria rendah mengalami kesulitan belajar pada soal contoh ganguan sistem pencernaan pada manusia, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam materi sistem pencernaan pada manusia mata pelajaran IPA materinya sudah lama tidak dipelajari sehingga siswa lupa dan pada saat guru menjelaskan materi tersebut siswa tidak mendengarkan guru saat menjelaskan materi kurang dimengerti dan tidak mengingat materi sehingga siswa sulit dalam mengingat kembali materi sistem pencernaan pada manusia.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Difficulty and Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | DEFI ERMAULINA PURBA | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 07:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2022 07:55 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1628 |
Actions (login required)
View Item |