PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV PADA PROSES PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SD NEGERI 101797 KEC. DELI TUA TAHUN AJARAN 2021/2022

ANANDA, SINTA, 1805030092 (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV PADA PROSES PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SD NEGERI 101797 KEC. DELI TUA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (370kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (268kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (374kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (545kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (216kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (998kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah karakter siswa dapat dibentuk dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada materi Gaya gesek di kelas IV SD Negeri 101797 Kecamatan Deli Tua T.A 2021/2022 dan untuk mengetahui gambaran karakter siswa pada penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada materi Gaya gesek di kelas IV SD Negeri 101797 Kecamatan Deli Tua T.A 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) Karakter tanggung jawab, displin, dan kerja sama siswa dapat dibentuk menggunakan metode eksperimen pada proses pembelajran IPA materi gaya gesek dikelas IV SD Negeri 101797 Kecamatan Deli Tua T.A 2021/2022 (2) Skor nilai observasi sikap dan perilaku siswa yang menjunjung nilai-nilai tanggung jawab pada kelas eksperimen yaitu 83,9% (baik). Skor nilai observasi sikap dan perilaku siswa yang menjunjung nilai-nilai disiplin pada kelas eksperimen yaitu 75,85% (baik). Skor nilai observasi sikap dan perilaku siswa yang menjunjung nilai-nilai kerja sama pada kelas eksperimen yaitu 57,47% (cukup baik). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter pada siswa kelas IV SD Negeri 101797 Kecamatan Deli Tua T.A 2021/2022 berhasil dan karakter siswa terbentuk menjadi karakter yang lebih baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Formation, Student Character, Science Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie faizah lisnasari, M.Sidosen@gmai.comNIP. 1967022519980120001
Pembimbing IIR.L. Holmes parhusip, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SINTA ANANDA
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:07
Last Modified: 10 Oct 2022 07:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item