ANANDA, SINTA, 1805030092 (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV PADA PROSES PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SD NEGERI 101797 KEC. DELI TUA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
1 COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (370kB) |
|
Text
3 BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (268kB) |
|
Text
4 BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (374kB) |
|
Text
5 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution. Download (545kB) |
|
Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (216kB) |
|
Text
7 LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (998kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah karakter siswa dapat dibentuk dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada materi Gaya gesek di kelas IV SD Negeri 101797 Kecamatan Deli Tua T.A 2021/2022 dan untuk mengetahui gambaran karakter siswa pada penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pada materi Gaya gesek di kelas IV SD Negeri 101797 Kecamatan Deli Tua T.A 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) Karakter tanggung jawab, displin, dan kerja sama siswa dapat dibentuk menggunakan metode eksperimen pada proses pembelajran IPA materi gaya gesek dikelas IV SD Negeri 101797 Kecamatan Deli Tua T.A 2021/2022 (2) Skor nilai observasi sikap dan perilaku siswa yang menjunjung nilai-nilai tanggung jawab pada kelas eksperimen yaitu 83,9% (baik). Skor nilai observasi sikap dan perilaku siswa yang menjunjung nilai-nilai disiplin pada kelas eksperimen yaitu 75,85% (baik). Skor nilai observasi sikap dan perilaku siswa yang menjunjung nilai-nilai kerja sama pada kelas eksperimen yaitu 57,47% (cukup baik). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter pada siswa kelas IV SD Negeri 101797 Kecamatan Deli Tua T.A 2021/2022 berhasil dan karakter siswa terbentuk menjadi karakter yang lebih baik.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Formation, Student Character, Science Learning | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SINTA ANANDA | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2022 07:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2022 07:07 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1633 |
Actions (login required)
View Item |