PURBA, VEBE SATRIA, 1805030184 (2022) PERAN ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SD NEGERI 060938 KEC. MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
covervebe11.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (990kB) |
|
Text
abstrakvebe.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (302kB) |
|
Text
bab1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (101kB) |
|
Text
bab2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (187kB) |
|
Text
babiii-v.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (794kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (24kB) |
|
Text
lampiranvebe.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orangtya dalam kegiatan belajar anak, peran orangtua dalam meningkatkan belajar anak serta faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di kelas V SD Negeri 030938 Medan Johor. Penelitian dilaksanakan di SD SD Negeri 030938 Medan Johor. Adapun yang menjadi populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah 12 siswa beserta orangtua kelas V di SD Negeri 030938 Medan Johor. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriftip kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Peran orangtua dalam kegiatan belajar anak pada pembelajaran di masa Covid-19 yaitu orangtua berperan dalam membimbing anak dalam belajar, orangtua berperan dalam memberi motivasi belajar kepada anak, orangtua berperan dalam memberikan perhatian kepada anak dan orang tua berperan dalam memfasilitasi anak dalam kegiatan belajar. Minat belajar siswa pada saat masa pandemi Covid-19, siswa dikategorikan sangat berminat dengan persentase 82,2% yang di peroleh dari perhitungan hasil angket siswa. Hal tersebut sejalan dengan peranan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar siswa yang dikategorikan sangat berperan dengan persentase 86.7% yang diperoleh dari hasil angket peran orangtua. Faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu pemberian arahan, nasehat dan motivasi, pemberian reward/hadiah, dan pemberian alat komunikasi. Sedangkan faktor penghambat minat belajar siswa adalah Jaringan internet yang terbatas, Orang tua, fasilitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role of Parents, Students' interest in learning, Covid-19 | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 371.9 Special Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Vebe satri br purba | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2022 07:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2022 07:28 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1642 |
Actions (login required)
View Item |