Rajagukguk Putra Roy, 1805030173 (2022) ANALISIS KESULITAN MENGUBAH BILANGAN PECAHAN BIASA KE DESIMAL DAN PERSEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 101796 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
1 COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (248kB) |
|
Text
3 BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (214kB) |
|
Text
4 BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (352kB) |
|
Text
5 BAB III, IV, V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (819kB) |
|
Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (132kB) |
|
Text
7 LAMPIRAN.pdf Download (798kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) untuk mengetahui kemampuan dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen, (2) untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen, (3) faktor penyebab kesulitan siswa dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen di kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101796 Patumbak semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Tenik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan wawancara. Berdasarkan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi pahlawanku kebanggaanku berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak diperoleh nilai 50,65 dan berkategori kurang mampu. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen pada mata pelajaran Matematika adalah pada tes soal nomor 6, yaitu kurang memahami mengubah bilangan persen ke desimal. Adapun faktor kesulitan siswa dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen adalah minat dan motivasi belajar matematika siswa yang kurang siswa kurang memahami cara menyelesaikan soal cerita, pandemi covid yang membuat pembelajaran di sekolah menjadi tidak maksimal dan kurang efektif, kurangnya dukungan atau perhatian dari orang tua siswa dan sistem pengajaran yang cenderung satu arah.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty Analysis Converting Ordinary Fractions to Decimals and Percentages | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ROY PUTRA RAJAGUKGUK | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Sep 2022 07:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1643 |
Actions (login required)
View Item |