ANALISIS KESULITAN MENGUBAH BILANGAN PECAHAN BIASA KE DESIMAL DAN PERSEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 101796 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Rajagukguk Putra Roy, 1805030173 (2022) ANALISIS KESULITAN MENGUBAH BILANGAN PECAHAN BIASA KE DESIMAL DAN PERSEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 101796 PATUMBAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (352kB)
[img] Text
5 BAB III, IV, V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (819kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (132kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf

Download (798kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) untuk mengetahui kemampuan dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen, (2) untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen, (3) faktor penyebab kesulitan siswa dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen di kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101796 Patumbak semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Tenik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan wawancara. Berdasarkan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi pahlawanku kebanggaanku berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak diperoleh nilai 50,65 dan berkategori kurang mampu. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen pada mata pelajaran Matematika adalah pada tes soal nomor 6, yaitu kurang memahami mengubah bilangan persen ke desimal. Adapun faktor kesulitan siswa dalam mengubah bilangan pecahan biasa ke desimal dan persen adalah minat dan motivasi belajar matematika siswa yang kurang siswa kurang memahami cara menyelesaikan soal cerita, pandemi covid yang membuat pembelajaran di sekolah menjadi tidak maksimal dan kurang efektif, kurangnya dukungan atau perhatian dari orang tua siswa dan sistem pengajaran yang cenderung satu arah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Analysis Converting Ordinary Fractions to Decimals and Percentages
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pddosen@gmail.comNIP. 196412101992031002
Pembimbing IIRita Herlina PA, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ROY PUTRA RAJAGUKGUK
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:33
Last Modified: 27 Sep 2022 07:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item View Item