PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI 101797 DELITUA TAHUN AJARAN 2021/2022

GRASIA, SOLA, 1805030035 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI 101797 DELITUA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (543kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (216kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)
[img] Text
5 BAB III, IV dan V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (672kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang diajar menggunakan Pembelajaran Konvensional, Snowball Throwing, serta pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing di Kelas IV SD Negeri 101797 Delitua Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 101797 Delitua, Kelas IVA sebagai kelas eksprimen dan Kelas IV B sebagai Konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan rancangan penelitian control group pre-tes, post tes design. Penelitian ini dilaksanakan SD Negeri 101797 Delitua tanggal 23-25 Mei 2022. Dari hasl penelitian diperoleh bahwa hasil belajar pada siswa kelas IVA mata pelajaran IPS menggunakan pembelajaran konvensional Pres-test yang tergolong tinggi sebanyak 3 orang siswa (5,79%), tergolong sedang sebanyak 7 orang siswa (15,26%), dan tergolong rendah 14 orang siswa (78,95%). Dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas IVA mata pelajaran IPS di SD Negeri 101797 Delitua menggunakan pembelajaran konvensional dikategorikan sedang yakni 7 orang siswa (15,79 %) dari 24 siswa. Post-test. yang tergolong tinggi 3 orang siswa (5, 79%), tergolong sedang sebanyak 7 orang siswa (15,26%), dan tergolong rendah 14 orang siswa (78,95%). Hasil belajar siswa dari kelas IVA mata pelajaran IPS menggunakan pembelajaran konvensional dikategorikan sedang yakni sebanyak 7 orang siswa (15,26%) dari 24 siswa yang menjadi sampel penelitian ini. Hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS menggunakan pembelajaran konvensional yang tergolong tinggi sebanyak 3 orang siswa (5,79%), tergolong sedang sebanyak 7 orang siswa (15,26%), dan tergolong rendah 14 orang siswa (78,95%). Dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas IVA mata pelajaran IPS di SD Negeri 101797 Delitua menggunakan pembelajaran konvensional dikategorikan sedang yakni sebanyak 7 orang siswa (15,79 %) dari 24 siswa, yang tergolong tinggi sebanyak 15 orang siswa (79.05%), tergolong sedang sebanyak 3 orang siswa (5.35%), dan tergolong rendah 6 orang siswa (15.15%) Hasil belajar siswa kelas IVB mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dikategorikan sedang yakni sebanyak 3 orang siswa (5.35%) dari 24 siswa. Terdapat pengaruh yang meyakinkan (signifikan) menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IVB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IVA menggunakan pembelajaran konvensional mendapat skor rata-rata 29. Sedang hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing mengalami peningkatan skor mean atau rata- rata menjadi 73 karena terbukti dari hipotesis nihil yang diajukan dalam penelitian ini di tolak karena lebih besar daripada yaitu 0,01<4.54>1.713.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing Learning Model, Learning Outcomes, Social Sciences
Subjects: 300 Sosial Science
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITina Sheba Cornelia, M.Pddosen@gmai.comNIDN. 0120058705
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SOLA GRASIA
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:46
Last Modified: 28 Sep 2022 03:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item