ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA KELAS V SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA T.A 2021/2022

GINTING, MERRY BR, 1705030004 (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA KELAS V SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) untuk mengetahui kemampuan siswa materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya mata pelajaran IPA, (2) untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya mata pelajaran IPA, (3) faktor penyebab kesulitan siswa pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040471 Kampung Merdeka semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka berjumlah 28 orang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Tenik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan wawancara. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka diperoleh nilai 62,89 yang berkategori kurang mampu. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya mata pelajaran IPA pada tes soal nomor 4, 5 dan 6, yaitu tidak mengetahui ciri-ciri hewan herbivora, karnivora, omnivora dan contohnya. Hal ini dinyatakan dari faktor penyebab kesulitan siswa kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka dalam memahami pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya adalah dikarenakan siswa tidak memiliki persiapan saat memulai pembelajaran, dikarenakan masih ada siswa yang tidak mengerti pembelajaran ipa materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, ada juga siswa yang tidak mau bertanya kepada guru.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Difficulty Analysis, Classification of Animals Based on the Type of Food
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRITA HERLINA BR PA, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:09
Last Modified: 20 Oct 2022 08:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item