PARDOSI, LINDA, 1805030065 (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO 105369 LESTARI DADI PADA MASA PANDEMI COVID-19 KECAMATAN PENGAJAHAN T.A 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (790kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (924kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (805kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan, apa saja kesulitan yang dialami siswa,dan faktor penyebab kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan manfaat dan sumber energi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105369 Lestari Dadi Pada Masa Pandemi Covid-19. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 20 orang sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dideskripsikan (1) Gambaran kemampuan siswa dalam pelajaran IPA siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 54 dan masih dikategorikan kurang mampu. (2) Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan pelajaran IPA materi sumber dan manfaat energi adalah siswa sulit menghapal materinya,siswa kurang memahami materi dan guru menerangkan pembelajaran terlalu cepat. (3) Faktor penyebab siswa sulit dalam menyelesaikan pelajaran IPA materi sumber dan manfaat energi adalah faktor siswa tidak menyukai pelajaran IPA, kemampuan pemahaman siswa yang rendah, sikap belajar siswa yang cenderung kurang disiplin, motivasi belajar rendah, guru memberikan pemahaman yang kurang jelas saat belajar IPA materi sumber dan manfaat energi.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, Learning difficulties, and Science Learning | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 371.9 Special Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 02:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2022 02:54 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1649 |
Actions (login required)
View Item |