ANALISIS MINAT MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

GINTING, SASKIA PITASARI B, 1805030124 (2022) ANALISIS MINAT MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (649kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat membaca pada siswa, faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa, dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Dari hasil analisis data ditinjau dari seluruhan indikator minat membaca, siswa kelas V di SD Negeri 068003 Medan Tuntungan berada pada kategori cukup berminat. Dengan persentase siswa yang sangat berminat ada 1 orang (4%), siswa yang berminat ada 6 orang (26%), siswa yang cukup berminat ada 13 orang (57%), siswa yang kurang berminat ada 2 orang (9%), dan tidak berminat ada 1 orang (4%). Hambatan yang dialami siswa adalah keadaan ekonomi keluarga yang kurang mencukupi sehingga susah untuk membeli buku. Faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa adalah faktor dari dalam diri siswa itu sendiri seperti kurangnya rasa ingin tahu yang tinggi dari siswa, kebiasaan membaca yang diabaikan oleh siswa, menganggap bahwa membaca itu hal yang membosankan. Untuk meningkatkan minat membaca siswa upaya yang dilakukan guru adalah dengan menjalankan perannya sebagai mitivator, membiasakan siswa membaca buku sebelum memulai pembelajaran, melatih siswa untuk selalu membaca dan memberikan tugas kepada siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Interests, Reading
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Sidosen@gmail.comNIP. 196702251998012001
Pembimbing IIFrikson Jonny Purba, S.Si.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:31
Last Modified: 16 Mar 2023 03:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1661

Actions (login required)

View Item View Item