HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI TIGABINANGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

GINTING, AHMAD TAUFIQ, 1705020005 (2021) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI TIGABINANGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (527kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (740kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran ppkn siswa apakah ada hubungan signifikan antara keduanya yaitu motivasi belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigabinanga yang berjumlah 304 orang dan digunakan sampel untuk mempermudah dalam penelitian dan ditetapkan dalam sampel adalah sebanyak 45 siswa dari 304 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan nilai harian siswa. Dari hasil analisi data diperoleh motivasi belajar diketahui bahwa dari 45 siswa yang menjadi sampel penelitian, sebanyak 5 siswa atau 11% siswa menjawab bahwa motivasi belajar siswa baik, dan sebanyak 30 siswa atau 67% siswa menjawab motivasi belajar siswa cukup, serta sebanyak 10 siswa atau mencapai 22% siswa menjawab motivasi belajar siswa kurang. Hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa dari 45 siswa yang menjadi sampel penelitian, siswa yang hasil belajarnya tergolong sangat baik ada 6 siswa, siswa yang hasil belajarnya tergolong baik ada 26 siswa, dan siswa yang hasil belajarnya tergolong cukup ada 13. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa semakin baik motivasi belajar siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes, Relationship between Motivation and Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PKn
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKarmila, S.Sos., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 130118304
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Pd., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0110078402
Department: Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:38
Last Modified: 06 Jun 2023 08:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item