PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA T.A/2022/2023

SIAHAAN, SONTI AYU, 1905030139 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA T.A/2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover sonti.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
PROPOSAL SKRIPSII (sonti ayu siahaan 1905030139) after 7-5-6.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (477kB)
[img] Text
PROPOSAL SKRIPSII (sonti ayu siahaan 1905030139) after 7-15-19.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (486kB)
[img] Text
PROPOSAL SKRIPSII (sonti ayu siahaan 1905030139) after 7-20-41.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (539kB)
[img] Text
PROPOSAL SKRIPSII (sonti ayu siahaan 1905030139) after 7-42-68.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (858kB)
[img] Text
PROPOSAL SKRIPSII (sonti ayu siahaan 1905030139) after 7-69-70.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
PROPOSAL SKRIPSII (sonti ayu siahaan 1905030139) after 7-71-112.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar media pembelajaran Pop Up Book, media papan pintar dan pengaruh signifikan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi “Keanekaragaman Suku Budaya di Sumatera Utara” di Kelas IV SD Negeri 060934 Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor T.A 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini 221 siswa, sedangkan sampel yang dipilih 50 siswa. jenis penelitian ini ialah penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design yang menggunakan 2 kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media pembelajaran Pop Up Book dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. teknik pengumpulan data melalui Pre-Test dan Post-Test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes Essay. Teknik analisa data dilakukan secara kuantitatif. Dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keanekaragaman suku budaya di Sumatera Utara di Kelas IV SD Negeri 060934 Kwala Bekala yaitu 0,00 Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan rata-rata Pre-Test dan Post-Test, adapun rata-rata yang diperoleh siswa saat Pre-Test kelas IV-A ialah 28,19 dan kelas IV-B ialah 23,23. Hasil tersebut menyatakan bahwa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan pada kegiatan Post�Test Eksperimen kelas IV-A dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book, rata-rata yang diperoleh yaitu 86,22 dan kelas IV-B dengan menggunakan media papan pintar, rata-rata yang diperoleh yaitu 66,47 Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri Kwala Bekala Kecataman Medan Johor.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Pop Up Book, Study Results, Civics
Subjects: 300 Sosial Science
300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDKrista Surbakti S.Pd, M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0110078402
UNSPECIFIEDDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0025026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SONTI AYU SIAHAAN
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:23
Last Modified: 21 Jun 2023 07:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item