PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN ATAS PENOLAKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS TANJUNG REJO PERCUT SEI TUAN

APRILIANTI, DEWI, 1503010021 (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN ATAS PENOLAKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS TANJUNG REJO PERCUT SEI TUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (514kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (587kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (509kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai perlindungan hukum terhadap peserta BPJS Kesehatan atas penolakan pelayanan di puskesmas, menganalisis hal-hal yang belum dipenuhi terhadap pasien BPJS Kesehatan, dan menganalisis upaya yang telah dilakukan pihak BPJS Kesehatan dalam memenuhi hak dan kewajiban pasien. Penelitianyang digunakan dalam permasalahan ini adalah penelitian hukum normatif-empiris, pendekatan masalah dalam penelitian ini menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan kasus (case approach), dengan tipe penelitian deskriptif.Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder serta pengumpulan data dengan menggunakan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap peserta BPJS Kesehatan atas penolakan pelayanan yang dilakukan oleh puskesmas dari aspek regulasi sudah terlindungi hak-haknya baik sebagai konsumen jasa, sebagai pasien puskesmas maupun sebagai peserta BPJS Kesehatan.Tetapi dalam penerapannya masih terdapat kekurangan yang menimbulkan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan di puskesmas, seperti kurangnya informasi yang diberikan oleh pihak puskesmas terhadap peserta BPJS Kesehatan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Legal Protection, Health BPJS
Subjects: 300 Sosial Science > 340 Law > 344 Labor Law
Divisions: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IQori Rizqiah H. Kalingga, S.H.I., MA--
Pembimbing IIHerryato Simanjuntak, S.H., M.H--
Department: Ilmu Hukum
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 06 Feb 2020 09:28
Last Modified: 18 Nov 2020 04:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item