PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IIA SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023

AISYAH, SITI, 1905030247 (2023) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IIA SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
skripsi aisyah COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (567kB)
[img] Text
skripsi aisyah ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[img] Text
skripsi aisyah BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (488kB)
[img] Text
skripsi aisyah BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (539kB)
[img] Text
skripsi aisyah BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (727kB)
[img] Text
skripsi aisyah DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)
[img] Text
skripsi aisyah LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IIA SD Negeri 060934 Kwala Bekala. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berupa Pre-Eksperimental one group pretest-posttest design yang menggunakan 1 kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media boneka tangan dan variabel terikat yaitu kemampuan menyimak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 41 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IIA SD Negeri 060934 Kwala Bekala. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan rata-rata pre test dan post test . adapun rata-rata yang diperoleh siswa saat pre test hanya mencapai 36,32. Hasil tersebut menyatakan bahwa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan pada kegiatan post test dengan menggunakan media boneka tangan, rata-rata yang diperoleh yaitu 87,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka tangan memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IIA SD Negeri 060934 Kwala Bekala

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fairytales, Listening Ability, Puppet Media,
Subjects: 400 Language
300 Sosial Science
300 Sosial Science > 370 Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDR. Gemala Widiyarti, S.Sos.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIRestio Sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Aisya
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:27
Last Modified: 21 Jun 2023 07:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item