PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 14 RANTAU UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

NABABAN, ASTRI ELSA NOSA BR, 1905030083 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 14 RANTAU UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (807kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (556kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (618kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (888kB)
[img] Text
BAB III-BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (652kB)
[img] Text
.LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari peneliatan ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) mata pelajaran matematika materi persegi dan persegi panjang di kelas IV SD Negeri 14 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Ricard and Klein yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahap Planning (Perancanaan), Production (Produksi), Evaluation (Evaluasi). Validator dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru kelas IV dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Lembar validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator pertama di peroleh nilai 4,5 dinyatakan sangat valid dan dapat di uji cobakan hasil validator kedua sebesar 4,5 dinyatakan sangat valid dan dinyatakan dapat di uji cobakan dan dapat di uji cobakan berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru terhadap LKPD di peroleh bahwa penggunaan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) lebih praktis dibandingkan tanpa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hal tersebut terlihat dari perolehan nilai siswa menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai kepraktisan terhadap produk yang di ujicobakan kepada siswa kelas IV SD Negeri 14 Rantau Utara memperoleh nilai sebesar 3,6 dan respon guru sebesar 4,1 dikategorikan sangat praktis. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 14 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu sangat valid digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Worksheets, Square and Rectangle, and Development
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H.Harahap, S.Pd.,M.Pdzaharaharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Pembimbing IIDr. Ulfah Sari Rezeki, S.Pd.,M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ASTRI ELSA NOSA BR NABABAN
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:14
Last Modified: 20 Jun 2023 07:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item