PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADA HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI NO. 101820 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2022/2023

SEMBIRING, TESALONIKA BR, 1905030140 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADA HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI NO. 101820 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, universitas qualty.

[img] Text
COVER SKRIPSI LENGKAP TESALONIKA SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI LENGKAP TESALONIKA SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI TESALONIKA SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (111kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI TESALONIKA SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)
[img] Text
BAB 3-5 SKRIPSI TESALONIKA SEMBIRING.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (606kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI TESALONKA SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI TEALNIKA SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (772kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Card Sort terhadap hasil belajar IPA pada materi sumber energi kelas IV SD Negeri 101820 Pancur hipotesis Batu Tahun Ajaran 2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata post test yang diperoleh kelas IV-A (Eksperimen) 81 yakni dengan menggunakan Media Card Sort dan kelas IV-B (Kontrol) 58 yakni tanpa menggunakan media (konvensional). Ada pengaruh signifikan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t dapat diketahui bahwa thitung sebesar 3,157 dan ttabel sebesar 2,026 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka kriteria thitung > ttabel yaitu 3,157>2,026. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Media Card Sort lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan media konvensional. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap Hasil belajar IPA yang menggunakan Media Card Sort pada materi Sumber Energi di kelas IV SD Negeri 101820 Pancur Batu T.A 2022/2023

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, media card sort
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRUPINA MAGDALENA BR TARIGAN, S.PD.,M.PDtiganrupina@gmail.comNIDN. 0111108901
Pembimbing IIRESTIO SIDEBANG, S.PD., M.PDrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tesalonika Br Sembiring
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:24
Last Modified: 23 Jun 2023 08:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item