PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIGBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA

SURBAKTI, VENNI CARMITA BR, 1905030213 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIGBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SKRIPSI VENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (397kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI VENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI VENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (283kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI VENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[img] Text
BAB 3-5 SKRIPSI VENI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (760kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI VENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)
[img] Text
Lampiran SKRIPSI VENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (879kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media BigBook dan pembelajaran Konvensional pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas IV SDN 064023 Kemenangan Tani.Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah Model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA masih kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas IVA 75 yakni kels eksperimen dengan menggunakan media BigBook dan kelas IVB 55 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media BigBook dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. dapat diketahui bahwa thitung sebesar 3,645 dan ttabel sebesar 2,004 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka kriteria thitung > ttabel yaitu 3,645 > 2,004. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar tematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan media BigBook lebih tinggi di bandingkan dengan hasil belajar tematik siswa dengan menggunakan konvensional. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media BigBook terhadap hasil belajar IPA materi Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas IV SDN 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Media, BigBook
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.PD.,M.PDjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIKRISTA SURBAKTI, S.PD., M.SIkrista.surbakti8484@gmail.comNIDN. 0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Venni Carmita br Surbakti
Date Deposited: 24 Jun 2023 03:33
Last Modified: 24 Jun 2023 03:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item