PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 067244 MEDAN SELAYANG DENGAN MENGGUNAKAN MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN MENURUT HABITATNYA TAHUN AJARAN 2022/2023

MANURUNG, ERLINDA BR, 1905030034 (2023) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 067244 MEDAN SELAYANG DENGAN MENGGUNAKAN MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN MENURUT HABITATNYA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (553kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (870kB)
[img] Text
BAB III- V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (519kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA dengan menggunakan materi pengelompokan hewan menurut habitatnya di kelas IV SDN 067244 Medan Selayang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pop up book dan metode konvesional dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi pengelompokan hewan menurut habitatnya. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor dan derajat pengaruh metode pembelajaran dengan hasil belajar. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pengelompokan hewan menurut habitatnya menggunakan media pop up book diperoleh nilai rata-rata 86,25, dan menggunakan metode konvesional diperoleh nilai rata-rata 76,75 dan ada pengaruh yang signifikan melalui penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan materi pengelompokan hewan menurut habitatnya di kelas IV SDN 067244 Medan Selayang Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes, learning model picture and picture
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 590 Animals, Zoology, Wildlifes
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson Jony Purba, S.Si.,M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd.dapot1002@gmail.comNIDN. 10026601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlinda Br Manurung
Date Deposited: 24 Jun 2023 03:42
Last Modified: 24 Jun 2023 03:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item