PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT DI KELAS IV SD NEGERI 106143 SUKAMAJU KECAMATAN SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LASE, GRACE PAULIN ESTER, 1905030124 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT DI KELAS IV SD NEGERI 106143 SUKAMAJU KECAMATAN SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER GRACE.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (476kB)
[img] Text
BAB II ASLI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA GRACE.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (696kB)
[img] Text
LAMPIRAN GRACE .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint pada pembelajaran Tematik sub tema Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model penelitian Richey and Klein yang meliputi tiga tahap yaitu: tahap planning (perencanaan), tahap production (produksi), dan tahap evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, kemudian angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan model dan uji coba model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint ini yang dikembangkan dinyatakan valid dan reliable. Validasi media dan validasi materi menunjukkan nilai rata-rata skor sebesar 4,33% dan 4,73%. Kemudian hasil reliabilitas yang diperoleh dari respond guru mendapatkan nilai rata-rata 4,75%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint dinyatakan valid dan reliable dan dapat diterapkan pada siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interactive Learning Media, Richey and client, development, PowerPoint
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, S.Pd.,M.Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: GRACE PAULIN ESTER LASE
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:08
Last Modified: 27 Jun 2023 02:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item