ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS III SD NEGERI NO 101731 KP. LALANG TAHUN AJARAN 2023/2023

TARIGAN, RENI AMELIA BR,, 1705030124 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS III SD NEGERI NO 101731 KP. LALANG TAHUN AJARAN 2023/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (467kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (49kB)
[img] Text
BAB-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (282kB)
[img] Text
BAB-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (952kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal berkaitan dengan operasi hitung pembagian bilangan bulat dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada kelas III SD Negeri No 101731 Kp Lalang. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian siswa yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung pembagian bilangan bulat berjumlah 24 siswa dan guru yang sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes essai, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis non statistic, karena jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, dimana hasi pengumpulan data yang di peroleh akan digambarkan dalam bentuk kata-kata, bukan dalam bentuk angka. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut ; (a). kesulitan belajar operasi hitung pembagian bilangan bulat meliputi kesulitan memahami konsep, kurang teliti, dan kurang memahami soal yang telah diuraikan; (b). Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar operasi hitung pembagian bilangan bulat antara lain faktor kognitif, minat, perhatian, waktu belajar, faktor orang tua dan faktor guru. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, maka saran yang dapat di sampaikan kepada guru, kepada kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitan yang di alami siswa; membimbing siswa memahami konsep pembagian; menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran agar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Matematika; meningkatkan sarana dan prasarana sekolah, khususnya perpustakaan agar para siswa memiliki bahan bacaan lebih banyak untuk meningkatkan wawasan, khususnya pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Learning Difficulties, Operations to Calculate Division of Integers
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0010126402
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RENI AMELIA BR TARIGAN
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:25
Last Modified: 27 Jun 2023 09:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item