ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA BELAJAR MATERI PENCERNAAN PADA MANUSIA PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 107433 BAH GER-GER TAHUN AJARAN 2022/2023

SIPAYUNG, MAWI NIRWANA, 1705030063 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA BELAJAR MATERI PENCERNAAN PADA MANUSIA PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 107433 BAH GER-GER TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (440kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15kB)
[img] Text
BAB-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)
[img] Text
BAB-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (558kB)
[img] Text
BAB-3 -5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (713kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (826kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal berkaitan dengan materi pencernaan pada manusia dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pelajaran IPA pada kelas V SD NEGERI Bah Ger-ger. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif subjek penelitian siswa yang mengalami kesulitan belajar materi pencernaan pada manusia berjumlah 20 siswa dan guru sebagai informan . teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik obsevasi, tes, wawancara, essai. Teknik analisis data menggunakan analisis non statistic, karena jenis penelitian ini yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, dimana hasil pengumpulan data yang diperoleh akan digambarkan oleh angka. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut ; (a). kesulitan belajar materi pencernaan pada manusia pada matapelajaran IPA kelas V : (b). factor yang mempengaruhi kesulitan siswa belajar materi pencernaan pada manusia pada pelajaran IPA antara lain factor kognitif, minat, perhatian, waktu belajar, factor orangtua dan guru. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka saran yang dapat di sampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitan yang dialami siswa ; membimbing siswa memahami konsep pembagian,; menggunakan metodeyang bervariasi dalam proses pembelajaran agar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, khusunya pada matapelajaran IPA; meningkatkan prasarana dan sarana sekolah , khususnya perpustakaan agar para siswa memiliki bahan bacaan lebih banyak untuk meningkatkan wawasan, khususnya pada matapelajaran IPA.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Difficulty, Learning, Digestive Material in Humans
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal Togatorop, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0124028702
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0010026601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MAWI NIRWANA SIPAYUNG
Date Deposited: 27 Jun 2023 09:28
Last Modified: 27 Jun 2023 09:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item View Item