MAWARDAH, KESUMA, 1905030109 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA PUISI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 068008 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
Sampul.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (891kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (311kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (108kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (286kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (162kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran apresiasi sastra yang valid dan praktis pada bahan ajar pembelajaran apresiasi sastra puisi pada tema enam yaitu Aku dan cita - citaku siswa kelas IV SD Negeri 068008 Medan tuntungan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Richey and Klein yang terdiri dari 3 tahap yaitu : (1) Tahap planning (perencanaan), (2) Tahap production (memproduksi), dan (3) Tahap evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntungan. Sedangkan validator yang merupakan penilaian bahan ajar yaitu validator berasal dari Dosen dan 1 dari Guru wali kelas IV untuk menilai kepraktisan bahan ajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji kevalidan ahli desain yang mendapatkan skor 88 %, uji kevalidan ahli materi yang mendapatkan skor 96 %, uji kepraktisan bahan ajar terhadap guru kelas IV SDN 068008 Medan tuntungan 94%. Dari ketiga skor validasi ahli bahan ajar yang dikembangkan tergolong dengan kriteria “sangat baik”. Diperoleh nilai rata-rata 92,66% Berdasarkan hasil dari tiga validasi bahwasanya bahan ajar pembelajaran apresiasi sastra berbasis E-Book valid dan praktis digunakan untuk siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Learning Model Picture And Picture | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | KESUMA MAWARDAH | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2023 02:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2023 02:06 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
View Item |