PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RUMUS BANGDAR TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V UPT SD 101831 BINTANG MERIAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

GINTING, YENNI FLORENTINA BR, 1905030005 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RUMUS BANGDAR TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V UPT SD 101831 BINTANG MERIAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (567kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (669kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (51kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together menggunakan media papan rumus bangdar pada materi luas bangun datar, gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together tanpa menggunakan media papan rumus bangdar pada materi luas bangun datar dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together menggunakan media papan rumus bangdar terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi luas bangun datar siswa kelas V UPT SD 101831 Bintang Meriah Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 48 orang yang terbagi dalam 2 kelas dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Alat pengumpul data menggunakan tes esay berjumlah 8 soal dengan level kognitif C4. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji Chi Square. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together menggunakan media papan rumus bangdar pada materi luas bangun datar diperoleh rata-rata 44,77 dengan kriteria sedang, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together tanpa menggunakan media papan rumus bangdar pada materi luas bangun datar diperoleh 20,10 dengan kriteria rendah, dan (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together menggunakan media papan rumus bangdar terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi luas bangun datar siswa Kelas V UPT SD 101831 Bintang Meriah Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Bangdar Formula Board, Mathematical Communication Skills
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
Pembimbing IIDrs. Hartono S, M.Pdono366@gmail.comNIDN. 19065702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YENNI FLORENTINA BR GINTING
Date Deposited: 01 Jul 2023 05:26
Last Modified: 01 Jul 2023 05:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item