PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA KATOLIK ASSISI KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023.

TARIGAN, ALVIANDA, 1905030010 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA KATOLIK ASSISI KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (472kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (737kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (599kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (402kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan peserta didik dalam menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Swasta Katolik Assisi Tahun Ajaran 2022/2023. Model Pembelajaran discovery learning adalah suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa SD Swasta Katolik Assisi Kecamatan Medan Tuntungan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan penelitian diketahui hasil uji hipotesis yang diperoleh posttest t_hitung lebih besar dari nilai t_tabel (273,44>17,88) yang artinya H_o Ditolak dan H_a diterima. Maka kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Swasta Katolik Assisi Kecamatan Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning Mode; Student Activity: Science Learning.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMuhammad Daliani, S,Pd., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0128088804
Pembimbing IIDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M,Pddosen@gmail.comNIDN. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ALVIANDA TARIGAN
Date Deposited: 28 Jun 2023 04:04
Last Modified: 28 Jun 2023 04:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item