PERBANDINGAN MODEL SNOWBALL THROWING DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

KARO, ANDRI YANI BR, 1905030122 (2023) PERBANDINGAN MODEL SNOWBALL THROWING DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (303kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (119kB)
[img] Text
bab 1 skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
bab 2 skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (457kB)
[img] Text
gabungan skripsi andriyani bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (889kB)
[img] Text
Daftar Pustaka skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
lampiran skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model Snowball Throwing dan Talking Stick terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 060930 Medan Johor Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 42 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 siswa, yang menggunakan model Snowball Throwing dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa menggunakan model Talking Stick. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil perhitungan uji t independen diproleh t_hitung 1,76 dan t_tabel sebesar 1,71 dengan kesimpulan bahwa t_(hitung > t_tabel ) maka terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang di ajarkan menggunakan model Snowball Throwing dan model Talking Stick. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnnya menggunakan model Snowball Throwing di kelas IVA SD Negeri 060930 Medan Johor mengalami peningkatan, dimana hasil post test diperoleh rata-rata 76,42, katagori tinggi. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnnya menggunakan model Talking Stick di kelas IVB SD Negeri 060930 Medan Johor mengalami peningkatan, dimana nilai hasil post test diperoleh nilai rata-rata 69,76, katagori sedang. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnnya menggunakan model Snowball Throwing lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model Talking Stick di kelas IV SD Negeri 060930 Medan Johor.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: snowball throwing, talking stick, science learning outcomes. Keywords: snowball throwing, talking stick, science learning outcomes. Keywords: snowball throwing, talking stick, science learning outcomes. Keywords: snowball throwing, talking stick, science learning outcomes. Keywords: snowball throwing, talking stick, science learning outcomes. Keywords: snowball throwing, talking stick, science learning outcomes. Keywords: snowball throwing, talking stick, science learning outcomes.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIRobert Sinaga, M.Sirobertsinaga89@gmail.comNIDN. 0102088901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ANDRI YANI BR KARO
Date Deposited: 01 Jul 2023 05:29
Last Modified: 01 Jul 2023 05:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item