PENGARUH METODE DRILL DENGAN BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 054943 SIMPANG LIMUN KABUPATEN LANGKAT T.P 2022/2023

SEMBIRING, ANASTASIA DWI PUTRI, 1905030183 (2023) PENGARUH METODE DRILL DENGAN BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 054943 SIMPANG LIMUN KABUPATEN LANGKAT T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER - ANASTASIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (778kB)
[img] Text
ABSTRAK - ANASTASIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
BAB I - ANASTASIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)
[img] Text
BAB II - ANASTASIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB)
[img] Text
BAB III, IV, & V - ANASTASIA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - ANASTASIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN - ANASTASIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode drill berbantuan media ular tangga pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 054943 Simpang Limun Tahun Pelajaran 2022/2023, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode drill tanpa berbantuan media ular tangga pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 054943 Simpang Limun Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2022/2023, dan untuk mengetahui ada pengaruh signifikan penggunaan metode drill berbantuan media ular tangga pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 054943 Simpang Limun Tahun Pelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 054943 Simpang Limun pada tangga 18 sampai 21 Maret 2023 sebagai subyeknya adalah siswa kelas IV-A berjumlah 13 siswa dan kelas IV-B berjumlah 14 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrument penelitian yaitu tes uraian yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas IV-A = 46,15 dan kelas IV-B = 45. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV-A dengan menggunakan metode drill berbantuan media ular tangga dan kelas IV-B dengan menggunakan metode drill tanpa berbantuan media ular tangga maka diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas IV-A = 90,77 serta hasil rata-rata tes akhir kelas IV-B = 77,14. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent antara dua faktor chi kuadrat hasil belajar dengan taraf signifikan a = 0,05 diperoleh x_hitung^2=10,89>x_(tabel (0.95)(2))^2=5,99. Berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill berbantuan media ular tangga ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 054943 Simpang Limun Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Drill Method, Snakes and Ladders Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni Suciawati, S.Pd.,M.PdHasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Pembimbing IIVera Dewi Kartini Ompusunggu, S.Pd.,M.PdNasranidua_ompusunggu@yahoo.comNIDN. 0121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ANASTASIA DWI PUTRI SEMBIRING
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:46
Last Modified: 30 Jun 2023 04:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item