SIMATUPANG, LINDA E M, 1905030126 (2023) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN INFORMASI SECARA TEPAT DARI TEKS BERITA KELAS V SDN 067244 MEDAN SELAYANG T. P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.docx.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (282kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (502kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (210kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (389kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (796kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (310kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Inquiry terhadap kemampuan siswa menemukan informasi yang tepat dari teks berita kelas V SDN 067244 Medan Selayang Tahun Ajaran 2022/2023. Lokasi penelitian di sekolah SDN 067244 Medan Selayang. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode Eksperimen. Dan Instrumen yang digunakan dalam peneliti berupa tes essay yaitu menemukan informasi yang tepat dari teks berita. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa kemampuan menemukan informasi yang tepat setelah perlakuan menggunakan metode Inquiry memperoleh nilai rata rata 87,5, termasuk kategori baik sekali, sementara kelompok siswa yang menggunakan metode konvensional memperoleh nilai rata rata 79 termasuk kategori cukup. Penggunaan metode Inquiry pembelajaran lebih menarik karena media ini membuat siswa dapat menemukan informasi yang tepat dari teks berita dengan mudah. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh t=5,36 > t_0,975 (38) = 2,034. Berdasarkan hasil penelitian saya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Inquiry terhadap kemampuan siswa menemukan informasi yang tepat dari teks berita siswa kelas V SDN 067244 Medan Selayang.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Experiment, Information, News Text, | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | LINDA E M SIMATUPANG | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2023 08:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2023 08:20 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1731 |
Actions (login required)
View Item |