PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN INFORMASI SECARA TEPAT DARI TEKS BERITA KELAS V SDN 067244 MEDAN SELAYANG T. P 2022/2023

SIMATUPANG, LINDA E M, 1905030126 (2023) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN INFORMASI SECARA TEPAT DARI TEKS BERITA KELAS V SDN 067244 MEDAN SELAYANG T. P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.docx.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (282kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (502kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (389kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (796kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Inquiry terhadap kemampuan siswa menemukan informasi yang tepat dari teks berita kelas V SDN 067244 Medan Selayang Tahun Ajaran 2022/2023. Lokasi penelitian di sekolah SDN 067244 Medan Selayang. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode Eksperimen. Dan Instrumen yang digunakan dalam peneliti berupa tes essay yaitu menemukan informasi yang tepat dari teks berita. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa kemampuan menemukan informasi yang tepat setelah perlakuan menggunakan metode Inquiry memperoleh nilai rata rata 87,5, termasuk kategori baik sekali, sementara kelompok siswa yang menggunakan metode konvensional memperoleh nilai rata rata 79 termasuk kategori cukup. Penggunaan metode Inquiry pembelajaran lebih menarik karena media ini membuat siswa dapat menemukan informasi yang tepat dari teks berita dengan mudah. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh t=5,36 > t_0,975 (38) = 2,034. Berdasarkan hasil penelitian saya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Inquiry terhadap kemampuan siswa menemukan informasi yang tepat dari teks berita siswa kelas V SDN 067244 Medan Selayang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Experiment, Information, News Text,
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IPANDAPOTAN TAMBUNAN, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN. 0010026601
Pembimbing IIFRIKSON JONY PURBA, M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LINDA E M SIMATUPANG
Date Deposited: 28 Jun 2023 08:20
Last Modified: 28 Jun 2023 08:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item