PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD NEGERI 060934 JL. LUKU II KEC. MEDAN JOHOR T.P 2022/2023

MAHULAE, LASTRI, 1905030212 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD NEGERI 060934 JL. LUKU II KEC. MEDAN JOHOR T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (375kB)
[img] Text
abstrak sikripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)
[img] Text
BAB I sikripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (118kB)
[img] Text
BAB II skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (205kB)
[img] Text
BAB III-BAB V SIKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (712kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran PKN dalam materi pola hidup gotong royong dengan menggunakan media audio visual di kelas IV SD Negeri 060934 T.P 2022/2023, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN dalam materi pola hidup gotong royong tanpa menggunakan media audio visual di kelas IV SD Negeri Jl. Luku II Kec. Medan Johor T.P 2022/2023, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN dalam materi pola hidup gotong royong di kelas IV SD Negeri Jl. Luku II Kec. Medan Johor T.P 2022/2023. Masalah yang dialami di sekolah terebut yaitu; Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi pola hidup gotong royong. Populasi siswa kelas IV sebanyak 2 kelas berjumlah 23 orang kelas eksperimen dan 23 orang di kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes Essay sebanyak 4 soal. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata sebelum melakukan pembelajaran nilai rata-rata Pre test kelas IV-A= 49,17 dan nilai rata-rata IV-B= 48,4. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV-A dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dan setelah dilakukan post test siswa memperoleh ratarata 72,73. Sedangkan dikelas tanpa menggunakan media audio visual hasil belajar siswa pada kelas IV-B memperoleh 68,86. Tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas eksperimen dan kontrol didestribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian di gambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media audio visual di kelas eksperimen dan tanpa media audio visual di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0.05 diperoleh x2hitung = 7.62 dan x2tabel = 5.99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan dengan penerapan media audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKN materi pola hidup gotong royong di kelas IV SD Negeri 060934 Jl. Luku II Kec. Medan Johor T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The effect of teacher's teaching cretivity o writing ability.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDR.L. Holmes Parhusip, S. Pd., M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN. .0128098002
UNSPECIFIEDRestio Sidebang, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Lastri Mahulae
Date Deposited: 28 Jun 2023 09:16
Last Modified: 28 Jun 2023 09:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item