PENGARUH PENGGUNAAN METODE INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA DIKELAS V SD NEGERI 064023 MEDAN TUNTUNGAN TA 2022/2023

PASARIBU, MARIA NOVA, 1905030028 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA DIKELAS V SD NEGERI 064023 MEDAN TUNTUNGAN TA 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover (3).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB)
[img] Text
ABSTRAAK (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB)
[img] Text
BAB I..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.........,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (169kB)
[img] Text
BAB III-BABV.,.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN (3).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar yang diajarkan menggunakan Metode Pembelajran Inquiry Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064023 Medan Tungtungan Tahun Ajaran 2022/2023.Untuk mengetahui hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan Metode Inquiry Learning pada pembelajaran IPA Subtema1 Materi Perubahan Sifat Benda di kelas V SDN 064023 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023.Untuk mengetahui hasil belajar yang diajarkan dengan Menggunakan Metode Inquiry Learning pada pembelajaran IPA Subtema1 Materi Perubahan Sifat Benda pada kelas V SDN 064023 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk mengetahui pengaruh Metode Inquiry Learning pada Pembelajaran IPA Subtema 1 Materi Perubahan Sifat Benda kelas V SDN 064023 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Medan Tuntungan pada tanggal 28-29 Maret 2023 sebagai subjeknya adalah siswa kelas VA dan VB dengan jumlah siswa kelas VA ada sebanyak 22 orang dan jumlah siswa kelas VA ada 22 orang,jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mengacu pada jenis pendekatan penelitian quasi eksperimen dengan instrumen dengan instrumen penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum melakukan pembelajaran nilai ratarata tes awal kelas VA = 48,50 dan nilai rata-rata VB = 53,75. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas VA dengan menggunakan metode inquiry Learning dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 84,75 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas VB dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh 69.50. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Metode Inquiry Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Methods, Inquiry Learning, Learning Outcomes Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, S.Pd, M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pddedisimbolon311@gmail.comNIDN. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Maria Nova Pasaribu
Date Deposited: 28 Jun 2023 09:19
Last Modified: 28 Jun 2023 09:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item View Item