PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK TEMA 5 SUB TEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 064023 MEDAN TUNTUNGAN TA.2022/2023

SINAGA, DORMIANTI, 1905030012 (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK TEMA 5 SUB TEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 064023 MEDAN TUNTUNGAN TA.2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (657kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (397kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (774kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Medan Tuntungan pada tanggal 28-29 Maret 2023 sebagai subjeknya adalah siswa kelas V-a dan V-b dengan jumlah siswa kelas V-a ada sebanyak 22orang dan jumlah siswa kelas V-b ada 22 orang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mengacu pada jenis pendekatan peneltian quasi eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum melakukan pembelajaran nilai rata-rata tes awal kelas V-a = 49.54 dan nilai rata-rata kelas V-b = 54.77. setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas V-a dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 88.40 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas V-b dengan menggunakan metode Pembelajaraan Konvensional memperoleh 70.68. kesimpulan dalam penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 064023 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Merhods, Mind Mapping, Thematic Learning Outcomes.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDRinci Simbolon, S.Pd.,M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
UNSPECIFIEDDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pd.dediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DORMIANTI SINAGA
Date Deposited: 28 Jun 2023 09:48
Last Modified: 28 Jun 2023 09:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item