PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN KELAS IV SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

GINTING, CICI HELPAYANTINA BR, 1905030014 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN KELAS IV SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover CD.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
abstrak (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (407kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)
[img] Text
BAB III sd V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (674kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (411kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (758kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis pantun siswa menggunakan Model Brain Writing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 060930 Medan Johor T.P 2022/2023. Untuk mengetahui kemampuan menulis pantun siswa tanpa menggunakan Model Brain Writing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 060930 Medan Johor T.P 2022/2023. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Brain Writing terhadap kemampuan menulis pantun siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 060930 Medan Johor Tahun Pelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060930 Medan Johor Pada 27-29 Maret 2023 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV-A dan IV-B dengan jumlah siswa di kelas IV-A ada 21 orang dan kelas IV-B ada 20 orang. Jenis penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif yang mengacu pada jenis pendekatan penelitian quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis pantun setelah perlakuan menggunakan model Brain Writing memperoleh nilai rata-rata 81,5 termasuk dalam kategori baik, sementara kelas yang tidak menggunakn model pembelajaran Brain Writing memperoleh nilai rata-rata 73 termasuk kategori kurang. Menggunakan model Brain Writing pembelajaran lebih menarik karena mengajak siswa berperan aktif didalam kelompok dan menambah kepercayaan diri siswa untuk mengeluarkan pendapatnya. Penelitian ini dapat di ketahui bahwa hipotesis terbukti, melakukan uji hipotesis uji t diperoleh thitung = 3,155 > ttabel = 2,22 maka dapat disimpulakan H0 ditolak atau H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Brain Writing terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri 060930 Medan Johor T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brain Writing Model, Poem Writing, Ability
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDRESTIO SIDEBANG, S,Pd.,M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
UNSPECIFIEDDr. ULFAH SARI REZEKI, S.Pd., M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cici Helpyantina Br Ginting
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:13
Last Modified: 30 Jun 2023 04:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item