PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 106817 SIDODADI T.P 2022/2023

KARO, MEILY EVILYA BR, 1905030155 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 106817 SIDODADI T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (403kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (587kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (362kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (765kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini auntuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media kartu bergambar pada mata pelajaran IPA materi gaya di kelas IV SD Negeri 106817 Sidodadi Tahun Pelajaran 2022/2023, untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tanpa berbantuan media kartu bergambar pada mata pelajaran IPA materi gaya di kelas IV SD Negeri 106817 Sidodadi Tahun Pelajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya di kelas IV SD Negeri 106817 Sidodadi Tahun Pelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106817 Sidodadi pada tanggal 27 sampai 30 Maret 2023 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV A berjumlah 20 siswa dan kelas IV-B berjumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrument penelitian yaitu tes essay yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas IV-A = 37,75 dan kelas IV-B = 34,09. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV-A dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media kartu bergambar dan kelas IV-B dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tanpa berbantuan media kartu bergambar maka diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas IV-A = 82,5 dan kelas IV-B = 72,72. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor chi kuadrat hasil dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh X_(hitung )^2= 6,98 > X_(tabel (0,095)(2))^2 = 5,99. Berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media kartu bergambar ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya di kelas IV SD Negeri 106817 Sidodadi Tahun Pelajaran 2022/2023 sehingga hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL) Model, Picture Card Media, Cognitive Learning Outcomes.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br. PA, M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd.,M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MEILY EVILYA BR KARO
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:48
Last Modified: 30 Jun 2023 04:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item