PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 067244 MEDAN T.P 2022/2023

GINTING, ELIM LEA BR, 1905030163 (2023) PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 067244 MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (403kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (587kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (362kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (765kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model probing prompting pada mata pelajaran IPA terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 067244 Medan T.P 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067244 Medan tanggal 18 sampai 20 Maret 2023 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV-a berjumlah 20 siswa dan kelas IV-B berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen penelitian yaitu angket yang telas divalidasi oleh validator. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV-A dengan menggunakanan model probing prompting berbantuan media video dan kelas IV-B dengan menggunakan model probing prompting tanpa bantuan media video maka diperoleh hasil rata-rata angket kelas IV-A = 78,63 dan kelas IV-B = 63,27. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor minat dengan taraf signifikan α=0,05 diperoleh x_hitung^2=16,867 > x_(tabel (0,95)(4))^2=9,487. Berdasarkan uji hipotesis Ada pengaruh signifikan dengan menggunakan model probing prompting berbantuan media video terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPA materi sumber energi panas dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari kelas IV SD Negeri 067244 Medan T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prompting Probing Model, Video Media, and Learning Interest.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br PA, M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIDrs. Sejahtra, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN. 17096602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELIM LEA BR GINTING
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:53
Last Modified: 30 Jun 2023 04:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1764

Actions (login required)

View Item View Item