PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUKAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 067244 MEDAN T.P 2022/2023

SIMARMATA, DITA FEBRIYANI BR, 1905030174 (2023) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUKAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 067244 MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (427kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (586kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (425kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media Pop Up Book pada mata pelajaran IPA tentang materi Siklus Makhluk Hidup kelas V SD Negeri 067244 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023, untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Contextual Learning and Teaching (CTL) tanpa berbantukan media pembelajaran Pop Up Book pada mata pelajaran IPA tentang materi Siklus Makhluk Hidup di kelas V SD Negeri 067244 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023, untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media Pop Up Book terhadap minat belajar siswa pada materi Siklus Makhluk Hidup mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 067244 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067244 Medan Selayang pada tanggal 18 sampai 20 Maret 2023 sebagai subjeknya adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 20 siswa dan kelas V-B yang berjumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrument penelitian yaitu angket minat belajar yang telah divalidasi oleh validator. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas V-A dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media Pop Up Book maka diperoleh hasil rata-rata angket kelas V-A = 74,71 dan kelas V-B = 62,19. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor Chi Kuadrat minat dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh x_hitung^2 = 10,843 > x_(tabel (0,95)(4))^2= 9,487. Berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantukan media Pop Up Book terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 067244 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL) Models, Pop Up Book Media, Interest in Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br PA, M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DITA FEBRIYANI BR SIMARMATA
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:51
Last Modified: 30 Jun 2023 04:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item