PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 056598 SIDOMUKTI T.P 2022/2023

WAHYUNI, DINA, 1905030018 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 056598 SIDOMUKTI T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER DINA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (862kB)
[img] Text
SKRIPSI__DINA WAHYUNI--1905030018 - ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__DINA WAHYUNI--1905030018 - BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__DINA WAHYUNI--1905030018 - BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__DINA WAHYUNI--1905030018 - BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__DINA WAHYUNI--1905030018 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI__DINA WAHYUNI--1905030018 - Copy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah asil belajar siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan media tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa, siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian di SD Negeri 056598 Sidomukti dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 056598 Sidomukti T.P 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa yang terdiri dari kelas IV-A 28 siswa dan IV-B 24 siswa. Test yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji independen antara dua faktor. Dari analis data diperoleh hasil rata-rata test awal hasil belajar siswa untuk kelas IV-A 64, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan diberikan test akhir maka hasil rata-rata hasil belajar siswa kelas IV-A menjadi 77. Dan hasil rata-rata test awal hasil belajar siswa untuk kelas IV-B 65, setelah dilakukan pembelajaran tanpa menggunakan media gambar kemudian diberikan test akhir maka hasil rata-rata hasil belajar siswa menjadi 70. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen antara dua faktor untuk data kelas IV-A dengan media gambar dan kelas IV-B tanpa media gambar diperoleh Xhitung ( X2) = 25,84 dan X tabel =9,49 Jadi nilai Xhitung lebih besar dari pada X tabel . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 056598 Sidomukti T.P 2022/2023

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Image Media, Science Lessons
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDrs Yason Mendrofa M.Pd, M. Pdyasonmendrofa@gmail.com.NIdn. 0102075901
UNSPECIFIEDDr Dedi Holden Simbolon S.Si., M.Pd, S.Si.,M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIdn. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dina Wahyuni
Date Deposited: 30 Jun 2023 03:29
Last Modified: 30 Jun 2023 03:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item