PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VI DI SD NEGERI 106817 SIDODADI T.A 2022/2023

SINUHAJI , HEPI IRMAYA ANNA BR, 1905030262 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VI DI SD NEGERI 106817 SIDODADI T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SKRIPSI HEPPI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (846kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI HEPPI SINUHAJI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (227kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI HEPPI SINUHAJI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (341kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI HEPPI SINUHAJI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[img] Text
BAB III IV V SKRIPSI HEPISINUHAJI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (653kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HEPISINUHAJI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI HEPISINUHAJI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Minat belajar siswa tanpa menggunakan media pop-up book pada materi Bumi dan Tata Surya kelas VI di SD Negeri 106817 sidodadi, 2) Minat belajar siswa dengan menggunakan media pop-up book pada materi Bumi dan Tata Surya kelas VI di SD Negeri 106817 Sidodadi. 3) Pengaruh media pop-up book terhadap minat belajar siswa pada materi Bumi dan Tata Surya kelas VI di SD Negeri 106817 Sidodadi. Penelitian ini menggunakan metode (Quasi Eksperimen Design) dan desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 106817 Sidodadi dengan jumlah 40 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purvosive sampling. Kelas VIA tidak diberi perlakuan yaitu menggunakan media buku pelajaran dan kelas VIB diberi perlakuan yaitu menggunakan media pop-up book. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 24. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan perhitungan statistik yang meliputi rata-rata (mean), standar deviasi, varian, uji normalitas. Selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis statistik yaitu uji hipotesis. 1) Minat belajar siswa tanpa menggunakan media pop-up book memiliki rata rata sebesar 45,7) Minat belajar siswa dengan menggunakan media pop-up book memiliki rata rata sebesar 66,3) Terdapat pengaruh yang signifikan media pop-up book terhadap minat belajar siswa pada materi Bumi dan Tata Surya kelas VI di SD Negeri 106817 Sidodadi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interest in Learning, Pop-up Book Media, Earth and the Solar System
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIDr. Ulfah Sari Rezeky, S.Pd, M.Pd, M,PdUlfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
UNSPECIFIEDHasni Suciawati, S.Pd, M.Pd, M.PdHasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HEPI IRMAY ANNA BR SINUHAJI
Date Deposited: 30 Jun 2023 03:20
Last Modified: 30 Jun 2023 03:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item