PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 044627 BULUH PANCUR T.A 2022/2023

SEMBIRING, MIA SAHENNA BR, 1905030045 (2023) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 044627 BULUH PANCUR T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (561kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (397kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (833kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pembelajaran IPA Pengolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya tanpa menggunakan media pembelajaran Pop Up Book. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pembelajaran IPA Pengolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book. 3). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan Media Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2023 di SD Negeri 044627 Buluh Pancur semester Genap T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan Pretest-Posttest Control Group Desig. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 044627 Buluh Pancur yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Sampel penelitian ini 20 siswa kelas IV-A dan 20 siswa kelas IV-B. Teknik pengumpulan data berupa tes berbentuk uraian, observasi sikap siswa dalam proses pembelajaran, dokumentasi berupa gambar-gambar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pencarian rata-rata, uji homogenitas, uji normalitas, uji t, dan uji independen antara dua faktor. Dari hasil pengolahan data maka penelitian ini mempunyai pengaruh yang signifikan dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, malalui uji Dua Faktor diperoleh Xhitung (X2) = 19,61 > Xtabel = 5,99. Maka hipotesis H0 ditolak, dan hipotesis H1 diterima, yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas IV SD Negeri 044627 Buluh Pancur T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Pop Up Book Media, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 590 Animals, Zoology, Wildlifes
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faiziah Lisnasari, M.Silisnasari2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Pembimbing IIRita Herlina Br PA, S.Pd, M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MIA SAHENNA BR SEMBIRING
Date Deposited: 30 Jun 2023 05:04
Last Modified: 30 Jun 2023 05:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item