PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS SDN 060936 MEDAN JOHOR T.P 2022/2023.

GINTING, RICKI NELSEN, 1905030006 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS SDN 060936 MEDAN JOHOR T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (797kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (43kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (53kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (85kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (740kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VA SDN 060936 Medan Johor T.P 2022/2023, 2) motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VB SDN 060936 Medan Johor T.P 2022/2023, 3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 060936 Medan Johor T.P 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis dan desain penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2022/2023. SDN 060936 Medan Johor banyaknya siswa 36 orang yang ditentukan secara acak dengan teknik random. Adapun sampelnya adalah kelas VA sebanyak 18 orang yang sebagai kelas kontrol dan ada sebanyak 18 orang yang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa dan menggunakan LKS. Hasil penelitian seabagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran koopertaif tipe STAD siswa kelas VA SDN 060936 Medan Johor 2022/2023 mendapatkan nilai rata-rata sebesar 55. (2) Motivasi belajar siswa dengna menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VB SDN 060936 Medan Johor T.P 2022/2023 mendapatkan nilai rata-rata sebesar 89, (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 060936 Medan Johor. Hasil analisis jumlah nilai angket diperoleh nilai signifikansi hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t di peroleh thitung>ttabel yaitu 161,96 > 1,69092. Maka hasil hipotesis H0 ditolak dan Hipotesis Ha alternatif diterima. Hal ini berarti terdapat adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 060936 Medan Johor T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD Type Cooperative, Motivation to learn
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIGemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RICKI NELSEN GINTING
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:06
Last Modified: 30 Jun 2023 04:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item