PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 091380 SARIBU JANDI KECAMATAN SILIMA HUTA T.P 2022/2023

SITEPU, RENI MARISKA, 1905030095 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 091380 SARIBU JANDI KECAMATAN SILIMA HUTA T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (499kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (77kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian degan mengggunakan media papan perkalian siswa kelas II SD Negeri Saribu Jandi Kecamatan Silima Huta T.P 2023/2023, 2) Hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian tanpa mengggunakan media papan perkalian siswa kelas II SD Negeri Saribu Jandi Kecamatan Silima Huta T.P 2023/2023, 3) Terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian siswa kelas II SD Negeri mengggunakan siswa kelas II SD Negeri Saribu Jandi Kecamatan Silima Huta T.P 2022/2023. Jenis peneliti ini adalah quasi eksperimen, peneliti ini dilaksanakan di SD Negeri 091380 saribu Jandi populasi dan peneliti ini adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas eksperimen 20 orang siswa, dan di kelas kontrol 19 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes esai,data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas dan pengujiana hipotesis digunakan uji Independen antara Dua Faktor. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian degan mengggunakan media papan perkalian siswa kelas II SD Negeri Saribu Jandi Kecamatan Silima Huta T.P 2023/2023 memperoleh nilai rata-rata pada pre test 32 dan pada post test memperoleh nilai rata-rata 85. (2) Hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian tanpa mengggunakan media papan perkalian siswa kelas II SD Negeri Saribu Jandi Kecamatan Silima Huta T.P 2023/2023 memperoleh nilai rata-rata pre test 35 dan pada post test memperoleh nilai rata-rata 66. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian siswa kelas II SD Negeri mengggunakan siswa kelas II SD Negeri Saribu Jandi Kecamatan Silima Huta T.P 2022/2023 berdasarkan analisis data diperoleh tes maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media papan perkalian di kelas II SD Negeri 091380 Saribu Jandi maka Hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf α = 0,05 diperoleh > , yaitu 15,10 > 5,99. Maka hipotesis (Ho) ditolak dan (H1) diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multiplication Board Media, Mathematics learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISITI ZAHARA H. HARAHAP, S.Pd.,M.Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Pembimbing IIIRWANSYAH, S.Pd.,M.Pdiirwan135@gmail.comNIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Reni Marsika Sitepu
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:01
Last Modified: 30 Jun 2023 04:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item