PENGARUH MEDIA AUDIO DONGENG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 040491 BATUKARANG KECAMATAN PAYUNG T.P 2022/2023

SITEPU, ELSA YOLANDA BR, 1905030064 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO DONGENG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 040491 BATUKARANG KECAMATAN PAYUNG T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (636kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (449kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (634kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (446kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio dongeng terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040491 Batukarang Kecamatan Payung, media pembelajaran yang di gunakan adalah media audio dongeng dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas II di SD Negeri 040491 Batukarang Kecamatan Payung yang terdiri dari dua kelas , pada kelas II A berjumlah 20 siswa dan pada kelas II B berjumlah 15 siswa. Dengan kelas II A sebagai kelas kontrol dan II B sebagai kelas eksperimen, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak. Pengumpulan data menggunakan tes esay. Dari hasil penelitian dan pengolahan data maka penelitian ini mempunyai pengaruh yang singnifikan dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui Uji Indenpenden Dua Faktor diperoleh x_hitung^2>x_tabel^2 yaitu 7,1087 > 5,99. Maka hasil hipotesis H_0 ditolak dan hipotesis H_1 diterima. Hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan media audio dongeng terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 040491 Batukarang Kecamatan Payung.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Fairy Tales, Learning Outcomes.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina BR PA, S.Pd.,M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, S.Pd.,M.Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELSA YOLANDA BR SITEPU
Date Deposited: 30 Jun 2023 08:12
Last Modified: 30 Jun 2023 08:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item