PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MATERI PENGELOMPOKKAN HEWAN SDN 106820 PANCUR BATU TP 2022/2023.

PANGARIBUAN, TRI ANGGI IMANUEL, 1905030146 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V MATERI PENGELOMPOKKAN HEWAN SDN 106820 PANCUR BATU TP 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
BAB III-BAB V (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA pada materi pengelompokkan hewan di kelas V SDN 106820 Pancur Batu T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, peneliti ini dilaksanakan di SDN 106820 Pancur Batu populasi dan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas Eksperimen 27 orang siswa, dan di kelas kontrol 24 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji mohogenitas dan pengujian hipotsis digunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pengelompokkan hewan dengan menggunkan model pembelajaran mind mapping di kelas V SDN 106820 Pancur Batu, diperoleh thitung> ttabel, yaitu 140,96>1,67655. Maka hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords, Learning Outcomes, Mind Mapping Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah, S.Pd, M.Pdiirwan135@gmail.comNIDN. 0115098701
Pembimbing IIRobert Sinaga, STP., M.Sirobertsinaga89gmail.comNIDN. 0102088901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TRI ANGGI IMANUEL PANGARIBUAN
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:31
Last Modified: 30 Jun 2023 04:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item