PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPA BAHAN CLAY PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SDN 064023 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SINULINGGA, GITA MEIRADA, 1905030027 (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPA BAHAN CLAY PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SDN 064023 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (606kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (453kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (312kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (707kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (715kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kevalidan media pengembangan alat peraga bahan clay, (2) Untuk mengetahui keefektifan alat peraga bahan clay. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Reseach and Development dengan menggunakan model Richey & Klein (perencanaan, produksi, dan evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi produk yang dilakukan oleh ketiga validator, termasuk dalam kategori “sangat valid”. Kualitas produk instrumen tes termasuk dalam kategori “sangat valid” digunakan di sekolah. Komentar atau masukan dari ketiga validator menjadi acuan bagi peneliti untuk memperbaiki kekurangan pada produk alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah ini peneliti akan lebih memperhatikan cara membuat alat peraga yang lebih baik lagi. Berdasarkan hasil perhitungan data-data, menunjukkan bahwa keefektivitas suatu produk alat peraga clay dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan terhadap uji coba produk siswa kelas IV melalui lembar respon siswa yang dimana rata-rata nilai skor pada lembar respon siswa yaitu sebesar 94,06.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Visual Aids, Improve Student Learning Outcomes Development, Visual Aids, Improve Student Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDULFAH SARI REZEKI, S.Pd., M.Pdulfah6@gmail.comNIDN. 0123098602
UNSPECIFIEDHARTONO S, M.Pdono366@gmail.comNIDN. 19065702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: GITA MEIRADA BR SINULINGGA
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:18
Last Modified: 30 Jun 2023 04:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item