KABAN, YULITA SHERINA BR, 1905030142 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
Cover Skripsiii.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (256kB) |
|
Text
Abstrak Skripsi .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (36kB) |
|
Text
Bab I Skripsi .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (177kB) |
|
Text
Bab II Skripsi .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (143kB) |
|
Text
Bab III-V Skripsi .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (321kB) |
|
Text
Daftar Pustaka skripsi .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (33kB) |
|
Text
Lampiran Skripsi .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Kwala Bekala Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Postest Design. Penelitian ini mengambil sampel yang berjumlah 50 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes menulis. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa media pop up book memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IVA SDN 060934 Kwala Bekala. Hal ini berdasar pada data-data yang diperoleh setelah diadakan penelitian, hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 31,04 dan pre-test kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 30,12 yang tergolong masih rendah. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test kelas ekperimen adalah 86,19 dan post-test kontrol adalah 79,13 yang menandakan bahwa hasil setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pop Up Book, Writing Skills, Short story | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Yulita Sherina Br Kaban | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2023 08:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2023 08:17 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1808 |
Actions (login required)
View Item |