PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023

KABAN, YULITA SHERINA BR, 1905030142 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover Skripsiii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (256kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (36kB)
[img] Text
Bab I Skripsi .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177kB)
[img] Text
Bab II Skripsi .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (143kB)
[img] Text
Bab III-V Skripsi .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
Daftar Pustaka skripsi .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Kwala Bekala Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Postest Design. Penelitian ini mengambil sampel yang berjumlah 50 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes menulis. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa media pop up book memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IVA SDN 060934 Kwala Bekala. Hal ini berdasar pada data-data yang diperoleh setelah diadakan penelitian, hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 31,04 dan pre-test kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 30,12 yang tergolong masih rendah. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test kelas ekperimen adalah 86,19 dan post-test kontrol adalah 79,13 yang menandakan bahwa hasil setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pop Up Book, Writing Skills, Short story
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd.,M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Yulita Sherina Br Kaban
Date Deposited: 30 Jun 2023 08:17
Last Modified: 30 Jun 2023 08:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item