PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI DA HASIL BELAJAR SISWA IPA KELAS IV SD NEGERI 040491 BATUKARANG T.P 2022/2023

SURBAKTI, RORI SANDRI DEWI BR, 1905030307 (2023) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI DA HASIL BELAJAR SISWA IPA KELAS IV SD NEGERI 040491 BATUKARANG T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER R.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (287kB)
[img] Text
ABSTRAK R.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (119kB)
[img] Text
BAB I R.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[img] Text
BAB II R.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (361kB)
[img] Text
BAB III - V R.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA R.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (118kB)
[img] Text
LAMPIRAN R.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media permainan ular tangga belajar IPA kelas IV SD Negeri 040491 Batukarang T.P 2022/2023. Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan ular tangga belajar IPA kelas IV SD Negeri 040491 Batukarang T.P 2022/2023. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan setelah menggunakan media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar IPA kelas IV SD Negeri 040491 Batukarang T.P 2022/2023. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan setelah menggunakan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 040491 Batukarang T.P 2022/2023. Media Pembelajaran yang digunakan yaitu media permainan ular tangga dan rancangan yang digunakan adalah quasi ekperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas IV di SD N 040491 Batukarang yang terdiri dari 2 kelas, pada kelas eksperimen berjumlah 20 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 16 siswa, sampel yang digunakan pada kelas ekperimen. Pengumpulan data adalah menggunakan angket dan tes. Hasil analisis jumlah nilai angket diperoleh nilai yang signifikan, ini diketahui uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independen antar dua faktor sehingga diperoleh data angket motivasi belajar kelas ksperimen dan kelas kontrol yaitu X2hitung = 3,05 dan X2tabel = 2,03. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji independen antara dua faktor ehingga diperoleh data test akhir kelas Eksperimen dan kelas Kontrol yaitu X2hitung = 6,009 dan X2tabel = 5,99. Berdasarkan uraian tersebut, dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap motivasi hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Negeri 040491 Batukarang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snakes and Ladders Game, Motivation, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br P.A, S.Pd.,M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, S.Pd.,M.Pdzahrarahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RORI SANDRI DEWI BR SURBAKTI
Date Deposited: 30 Jun 2023 08:03
Last Modified: 30 Jun 2023 08:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item