PENGARUH MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023

SEMBIRING, CINDY MARISKA BR, 1905030138 (2023) PENGARUH MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA MEDAN T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (671kB)
[img] Text
ABSTARK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (565kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (493kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (900kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media papan pintar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn. Penelitian ini dilaksankan di SD Negeri 060934 Kwala Bekala pada kelas V semester II Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen ) dengan desain penelitian Control Group Pretest-Postest Design yang menggunakan dua kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan V-B sebagai kelas control dengan jumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan program SSPS 22. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa media papan pintar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas VA SD Negeri 060934 Kwala Bekala. Hal ini beradarkan pada data-data yang diperoleh setelah diadakan penelitian, dimana hasil Pre-test yang diperoleh yaitu 32,21 tergolong sangat rendah sedangkan nilai Post-test 87,51 yang menandakan bahwa hasil setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Smart Board Media, Student Learning Outcomes, Rights and Obligations
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKrista Surbakti, S.Pd,M.Sikrista.surbakti8484@gmail.comNIDN. 0110078402
Pembimbing IIDr Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari.2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: CINDY MARISKA BR SEMBIRING
Date Deposited: 30 Jun 2023 08:30
Last Modified: 30 Jun 2023 08:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item