PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106143 SUKAMAJU T.A 2022/2023

MANDASARI, ALFITA, 1905030084 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106143 SUKAMAJU T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (692kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (756kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (69kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian survey. Alat pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi. Selanjutnya uji prasyarat yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Menurut hasil analisis data, pada kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif diperoleh rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa yaitu 84,25 yang dikategorikan motivasi belajar siswa “Sangat Tinggi” & rata-rata hasil lembar observasi yaitu 11,9 yang dikategorikan motivasi belajar siswa “Tinggi”.diperoleh hasil motivasi belajar di kelas Sedangkan di kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif diperoleh rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa yaitu 71,31 yang dikategorikan motivasi belajar siswa “Tinggi” & rata-rata hasil lembar observasi yaitu 8,2 yang dikategorikan motivasi belajar siswa “Sedang”.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, student motivation
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr Dedi Holden Simbolon, M.PdDedisimbolon311@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIDr. Ulfah Sari Rezeki, M.PdUlfahsari6@gmail.comNIDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ALFITA MANDASARI
Date Deposited: 01 Jul 2023 01:33
Last Modified: 01 Jul 2023 01:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item