PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMATIK KELAS IV TEMA “TEMPAT TINGGALKU” DI SD NEGERI 101816 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2022/2023

NANDA, SARI, 1905030243 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMATIK KELAS IV TEMA “TEMPAT TINGGALKU” DI SD NEGERI 101816 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (955kB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (546kB)
[img] Text
BAB 1..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (493kB)
[img] Text
BAB 2..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (733kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, 1) menghasilkan media pembelajaran tematik yang layak, edukatif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran khususnya pada tema tempat tinggalku, 2) mengetahui minat siswa terhadap media pembelajaran monopoli tematik pada tema tempat tinggalku. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101816 Pancur Batu tanggal 29 sampai 31 Maret 2023, sebagai subyeknya adalah siswa kelas IV-A berjumlah 6 orang dan kelas IV-B berjumlah 20 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Produk media pembelajaran monopoli tematik ini mendapatkan hasil validasi dari ahli materi dengan skor presentase sebesar 75% yang berarti valid. Hasil validasi dari ahli desain media pembelajaran mendapatkan skor presentase sebesar 80% yang berarti valid, sedangkan hasil validasi dari ahli pembelajaran mendapatkan skor presentase sebesar 80% yang juga berarti valid. Kemudian hasil uji coba pelaksanaan (kelompok kecil) didapatkan skor presentase 82%, hasil uji coba lapangan utama didapatkan skor 88% yang berarti berada pada kualifikasi valid. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran monopoli tematik ini juga berhasil menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV khususnya pada pembelajaran tema 8 Tempat Tinggalku, hal ini diketahui dengan diberikannya instrumen penilaian berupa angket kepada siswa setelah proses pembelajaran. Produk media pembelajaran monopoli ini mendapatkan rata-rata penilaian sebesar 3,4 yang jika di ubah ke persen maka didapatkan hasil 85%, yang jika dikonversikan ke dalam tabel tanggapan siswa termasuk kedalam kategori “baik” atau valid.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Thematic Monopoly, Learning Interest
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Ulfah Sari Rezeki, M.PdUlfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
Pembimbing IIR.L. Holmes Parhusip, M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN. 0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SARI NANDA
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:55
Last Modified: 30 Jun 2023 04:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item